Peningkatan Implementasi Kurikulum Merdeka: Membangun Masa Depan Pendidikan yang Berkualitas
Amlapura – 25 September 2023, Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, sebuah langkah penting dalam pengembangan Pendidikan. Kegiatan pembinaan penguatan implementasi Kurikulum Merdeka dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem I Wayan Serinada, S.Pd,.M.Si. Kegiatan ini menandai komitmen Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pendekatan pendidikan yang lebih kontekstual, kreatif, dan berbasis kearifan lokal.
Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka adalah tonggak penting dalam upaya mencetak generasi muda yang lebih mandiri, kreatif, dan adaptif. Ia menggambarkan filosofi Kurikulum Merdeka sebagai sebuah jembatan menuju masa depan pendidikan yang lebih inklusif dan relevan. Dalam konteks ini, pendidikan bukan hanya tentang menghafal fakta, tetapi juga tentang memberdayakan siswa untuk berpikir kritis, berkolaborasi, dan mengatasi permasalahan dunia nyata.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem I Wayan Serinada, S.Pd,.M.Si. mengakhiri sambutannya dengan menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini akan menghasilkan sejumlah langkah konkret untuk meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka di seluruh Indonesia. Ia mengajak semua Guru Pendidikan Agama Hindu untuk terus bekerja sama demi menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif, berkualitas, dan relevan dengan perkembangan zaman.
Kegiatan pembinaan penguatan implementasi Kurikulum Merdeka ini menandai tonggak penting dalam upaya mencetak generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan pendekatan yang lebih kontekstual, kreatif, dan berbasis kearifan lokal, Kurikulum Merdeka diharapkan akan membantu Indonesia memajukan sistem pendidikan yang lebih baik. Semua pihak yang terlibat, baik guru, kepala sekolah, maupun pengambil kebijakan, memiliki peran penting dalam mewujudkan visi ini, dan kegiatan ini menjadi langkah awal yang sangat positif.